Rabu, 06 April 2011

PROPOSAL PILKADA

PROPOSAL PILKADA
Harianto Sabir

Andai aku gayus tambunan..( nada dering di hp) tiba-tiba berdering semakin keras karena kelamaan diangkat.  Sementara aku masih sibuk dengan pekerjaan yang dikejar deadline.
(Ki mama call..) aku baca sejenak id pemanggil di hpku dan segera mengucapkan salam dengan sedikit pelan karena di ruangan ku aku tidak sendirian. Takut jadi bahan tertawaan rekan-rekan betawiku seperti yang sudah-sudah.
“ Assalamualaikum ama’ onu don ule’? habar nongkon lipu’ na’a ?”
“ Pulang dulu ngana Lengkebong, napa di kampung so heboh skali kampanye. Ngana kan bilang dulu mo iko bangun negeri kalu ada kesempatan dan peluang ?” serbu ibuku dengan bersemangat setengah mendesak. Rupanya ibu sudah terkena sindrom pilkada,  virus yang sedang menjalar di negeriku.
“Ah mobui mako dongka moko pusing, suda jo nanti sala2 kita bakalae deng kaka ley, diakan kader Sapi Bongko di situ, sedangkan kita mama tau simpatisan Pohon Nunuk dari dulu. Nintau ley mama kalu apa, blum ley keluarga laeng..
“ Kong kyapa mo bekeng pusing ? justru ngana kan so jelas ada yang mo dukung, na pe partai itu so gadang2 calon dari dalam rumah sandiri ley,kurang baganti sprei, kurang apa lagi?” Ibuku semakin penasaran dan ingin tahu alasan ketidakpulanganku turut meramaikan pesta Pilkada di negeri sendiri.
“ Justru tua moko pusing kon ulu tana’a  mamaku, dari satu sisi kita perasaan pa kita  pe partai. apaley dorang mo bilang pa kita yg dari dulu berkomitmen untuk setia, riki-riki ja baku flungku deng kaka gara2 partai”. Belaku sambil mengingatkan pertengkaran yg dulu sering terjadi dengan kakaku, jika perdebatan semakin panas.
“ Kyapa memangnya ngana mo dukung pa sapa so?, bukang pa ngana pe partai dang? ” cecar ibuku lagi.
“ Na’naa mama siritanya, kita ini ada ba taruh harap pa pasangan yg waktu lalu di Jkt (persis SBY-JK), nanti kita mo kirim dp foto.  Eh.. tau2 dorang tabongkar, yang satu karna nda ada partai yg dukung (kabar angin), kong tu satu ley partai yg bersebrangan dg kita yang dukung, gengsi dodoe kita jadi manika akuoy ko na’a don mokidongog !”.
“ Baru apadang ngana pe sumbangsih for negeri ini kalu dari jaoh bagitu ?” Tanya ibuku lagi.
“ Napa kita da sibuk ma mo jelaskan pa rekan-rekan disini deng tetangga2, kalu tu Bona Paputungan itu orang asli Mongondow, bukang Gorontalo ini kasampatan aji mumpung” balasku dengan serius, tapi kedengarannya membingungkan di telinga ibuku.
“Apaley depe hubungan ngana deng  Bona Paputungan yg lagi top itu deng  kemajuan bolmong ? Tanya ibuku kembali.
“ Soalnya baru dengan cara bagitu tu Bolmong pe nama mo ta angka di Indonesia ma” balasku sedikit menahan tawa, kentut dan sedikit miris juga. Biar dorang tau ley sedangkan mantan Napi di Bolmong anti Korup.
“ Kong apaley na pe langkah selanjutnya dg fenomena itu ?” Tanya ibuku lagi mengakhiri penasarannya.
“ Napa ta mo cari dulu pa Bona, mo suruh manyanyi akgn lagu Tano2bon, mumpung dia samantara top rupa Sinta Jojo, kong kalu ada yg mo tawarkan dia jadi bintang iklan, kita mo suruh salah satu Kandidat for dampingi pa dia di TV, boleh bagitu ma ?”
“ hahahha…memang dasar otak proposal, kalu bagitu nda usah pulang dang, ngana disitujo cari kandidat kong mama yg cari pa Bona di Gorontalo, rupa bagus ni proposal.” Tut..tut..tut..(abis pulsa)

TAMAT

0 komentar:

Posting Komentar